Dalam memberikan kepuasan kepada
pelanggan, seluruh orang yang terlibat dalam operasional perusahaan
harus memahami nilai-nilai pelayanan. Menurut Patricia Palton
(penulis buku Service With Emotional Quotient) nilai
pelayanan sebenarnya terletak pada kesungguhan empat sikap “P”.
Dan berikut ini kami sampaikan empat sikap tersebut:
1. Passionate (Gairah)
Dalam memberikan pelayanan kepada
pelanggan, kita perlu punya gairah untuk menghasilkan semangat besar
terhadap pekerjaan, diri sendiri, dan orang lain. Melalui tingkah
laku dan cara memberi pelayanan, pelanggan akan mengetahui apakah
kita menghargai mereka atau tidak.
Empat Jurus Menjaring Kepuasan Pelanggan |
Oleh sebab itu, disini gairah
dibutuhkan agar hidup dan pekerjaan kita semakin berwarna. Jika
memiliki gairah hidup yang tinggi, kita cenderung memberikan
pelayanan dengan senyum, dan antusiasme tinggi. Hal ini akan
“menular” dengan orang-orang yang dilayani sehingga mereka akan
senang bekerja sama, berbisnis, dan berkomunikasi dengan kita.
2. Progressive (Progresif)
Dalam memberikan pelayanan sepenuh
hati, kita perlu berusaha menciptakan cara-cara baru yang lebih
efektif, efisien, dan menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Apapun pekerjaan yang ditekuni, jika
kita memiliki gairah dan pola pikir yang progresif akan mampu
menjadikan pekerjaan lebih menarik. Nah, sikap progresif ini bisa
dikembangkan jika memiliki pikiran yang terbuka, wawasan luas,
kemauan belajar tinggi, keberanian, dan tak membatasi diri pada
cara-cara memberi pelayanan yang monoton.
3. Proactive (Proaktif)
Pelayanan sepenuh hati bisa dilakukan
dengan memberikan nilai tambah pada layanan tersebut. Misalnya ketika
melihat seorang pelanggan mondar-mandir kebingungan mencari bantuan,
kita harus proaktif menawarkan bantuan. Walaupun pelanggan tersebut
tak mendekati dan bertanya, kita bisa lebih dahulu mendekati mereka
dan menawarkan bantuan.
Sikap proaktif ini bisa dipupuk dengan
cara bekerja dari lebih sekedar apa yang kita lakukan. Selain itu,
kita bisa secara aktif berupaya menemukan cara-cara baru untuk
menambah makna dan rasa cinta pada pekerjaan dan bisnis yang kita
tekuni.
4. Positive (Positif)
Bersikap positif mendorong kita agar
tak mudah patah semangat atas masalah yang dihadapi. Sikap ini dapat
membimbing kita untuk lebih fokus pada penyelesaian bukannya masalah.
Berlaku positif dapat mengubah suasana
dan menebar kegairahan pada pelanggan. Sikap ini bisa dilakukan
dengan menyambut hangat para pelanggan dan melayani pertanyaan serta
permintaan mereka dengan sepenuh hati.
Sikap ini juga memancarkan keyakinan
kepada pelanggan bahwa kita mampu memberikan jawaban bagi pertanyaan
mereka. Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah
memberikan pelayanan dengan senyum. Hal ini karena senyum
adalah bahasa universal yang dipahami semua orang.
0 comments:
Post a Comment