Monday, September 2, 2013

Jenis-jenis Layar Ponsel Handpone

Kali ini kami akan membagikan ilmu mengenai jenis-jenis layar ponsel atau handphone. Ponsel dengan layar lebar dan luas memang kian diminati. Tanpa perlu banyak tombol, semuanya tersaji dalam layar ponsel yang menampilkan tombol-tombol digital. Namun, apa jenis layar ponsel yang Anda gunakan?
Jenis-jenis layar ponsel atau handpone beragam jenisnya seperti LCD, IPS, AMOLDED, dan Retina. Apa perbedaan jenis-jenis layar ponsel tersebut? Mari kita bahas satu persatu berikut ini:

LCD
LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD telah banyak digunakan sebagai layar pada beragam jenis gadget, terutama ponsel. Jenis layar ini mempunyai tampilan dengan cahaya belakang selalu aktif. Layar ini membutuhkan cahaya untuk memunculkan beragam jenis warna. Jenis layar ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

OLED
OLED adalah jenis layar ponsel yang hanya membutuhkan cahaya saat menampilkan warna selain hitam. OLED dipandang lebih hemat baterai, tetapi sangat cerah. Hanya saja umurnya lebih pendek daripada LCD.

AMOLDED
AMOLDED merupakan jenis layar dari hasil pengembangan OLED. AMOLDED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) contohnya tertanam pada produk Samsun Galaxy S3, dan dibedakan menjadi Super AMOLDED, Super AMOLDED Plus, dan HD Super AMOLDED, tergantung dari jenis sub pikselnya. Jenis layar ponsel ini dianggap lebih unggul karena tidak membutuhkan lampu back light dan kontras lebih tinggi. AMOLDED terbuat dari lapisan polimer organik yang tipis. Lapisan polimer ini akan menyala jika dialiri listrik. Layar ini digunakan pada sejumlah produk seperti Samsung dan HTC One.

IPS dan Retina
IPS (In Panel Switching) bisa ditemukan pada layar iPhone 4 dan iPhone S. IPS bisa dikatakan sebagai pengembangan LCD dengan kualitas warna yang lebih baik dan sudut pandang optimal yang lebih luas. Sementara itu, Retina Display merujuk pada penggunaan teknologi IPS dalam layar yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi.

Tidak mudah menentukan jenis layar yang terbaik. Jenis-jenis layar ponsel/ handphone tersebut memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Kedepannya, kemungkinan akan ada pengembangan layar yang lebih canggih dengan kualitas tampilan yang lebih baik lagi.

Jenis-jenis Layar Ponsel Handpone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment