Saturday, September 14, 2013

Wisata Pantai Pulau Datuk Kalimantan Barat

Senja menepati janjinya untuk menyajikan panorama yang indah dan mewarnai pantai Pulau Datuk di Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat. Pantai Datuk adalah satu pantai yang tidak berlumpur di Kalbar, berbeda dengan pantai lainnya.

Pukul 5 PM, cahaya matahari sore di Pantai Pulau Datuk menerobos dan menyiram penggalan pantai yang diapit dua bukit itu. Indah dan menawan. Pantai Pulau Datuk membentang sekitar 1 kilo meter dengan gulungan-gulungan ombak kecil, pas untuk bermain air. Beberapa jenis tanaman mangrove tumbuh di bagian barat pantai. Juntaian akar mangrove menjadikan pantai itu kian eksotis.
Wisata Pantai Pulau Datuk Kalimantan Barat
Wisata Pantai Pulau Datuk Kalimantan Barat

Kedua bukit yang mengapit Pantai Pulau Datuk juga lebat ditumbuhi berbagai jenis pohon. Ditambah dengan hamparan bibir pantai yang diteduhi pohon-pohon besar, lengkaplah kesejukan di Pantai Pulau Datuk. Kedua bukit berhutan itu jugalah yang menjaga Pantai Pulau Datuk dari sedimentasi lumpur, sehingga pasirnya lebih bersih dibandingkan dengan beberapa pantai di Kalimantan Barat.

LOKASI
Pantai Pulau Datuk terletak di Sukadana, hanya berjarak sekitar lima menit berkendaraan dari kantor pemerintahan Kabupaten Kayong Utara yang dimekarkan dari Kabupaten Ketapang pada tahun 2007. Kawasan itu sudah ramai sejak masih menjad bagian dari Kabupaten Ketapang. Saat itu, tak hanya orang-orang Sukadana yang berkunjung kesana tetapi juga orang-orang Ketapang.

Bahkan Pantai Pulau Datuk sudah mashur ke berbagai pelosok Kalimantan Barat. Kawasan pantai di Sukadana juga sudah sangat lama menjadi tempat tetirah masyarakat karena pantainya menghadap ke barat, menghadap ke arah matahari tenggelam.

SEJARAH
Sukadana adalah kota tua di Nusantara. Wilayah itu sudah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Tanjungpura sejak tahun 1431 sebelum ibu kota pindah ke Matan pada tahun 1876. Ju Lontaan dalam bukunya Sejarah Hukum Adat dan Istiadat Kamimantan Barat menyebutkan, ibu kota kerajaan itu dipindahkan oleh Sultan Ahmad Kamaludin setelah perang dengan Kerajaan Pontianak.

MODA TRANSPORTASI
Pantai Pulau Datuk dan Sukadana bisa dijangkauu dari Kota Pontianak menggunakan kapal cepat dengan ongkos sekitar Rp. 20.000,- dengan waktu perjalanan 5.5 jam. Pengunjung yang ingin lebih cepat sampai bisa menggunakan pesawat dari Pontianak ke Ketapang selama 40 menit (Rp. 750.000,-) per orang. Itu pun masih harus dilanjutkan dengan berkendaraan melalui jalan raya Ketapang-Sukadana.

KEINDAHAN ALAM
Keindahan alam Kalbar seperti di Pantai Pulau Datuk seberanya sudah mulai terpampang ketika pengunjung meninggalkan Pontianak menggunakan kapal cepat menuju Sukadana. Menyusuri Sungai Kapuas dari Pontianak, kapal akan masuk ke anak-anak sungai, sampai ke Muara Kubu, masuk ke jalur sungai lagi sebelum masuk ke jalur laut dari Teluk Batang, Kayong Utara.

GUGUSAN MANGROVE
Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi panorama gugusan mangrove di kiri dan kanan sungai. Ini adalah salah satu kawasan mangrove yang luas di Kalbar. Pengunjung hanya dikenai retribusi Rp. 5.000,- Pantai Pulau datuk merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di Kayong Utara selain Taman Nasional Gunung Palung dan Kepulauan Karimata. Ketiga kawasan wisata tersebut memiliki segmen sendiri-sendiri dab bersifat saling melengkapi.

Sektor pariwisata di Sukadana akan terus berkembang karena dukungan dari sektor penginapan dan hotel. Di Sukadana ada hotel bintang tiga dan losmen. Hanya dengan biaya Rp. 80.000,- s.d. Rp. 150.000,- Anda bisa menginap di losmen semalam. Jadi tunggu apalagi mari berwisata di Pantai Pulau Datuk Kalimantan Barat.


Wisata Pantai Pulau Datuk Kalimantan Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment