Monday, September 9, 2013

Persiapan & Tips Mengajak Anak ke Luar Kota

Jika merasa bosan atau kelelahan, si kecil biasanya menjadi rewel sangat gampang. Padahal, jika kita persiapkan kebutuhan si kecil sebelumnya, liburan pun bisa menjadi lebih berkesan. Untuk mengajak anak atau buah hati yang masih kecil (dibawah umur lima tahun) untuk pergi keluar kota diperlukan banyak persiapan. Walaupun jarak tempuh tergolong dekat, selama 1 sampai 2 jam saja si kecil bisa merasa bosan di perjalanan dan akan merasa kelelahan ketika sampai tujuan. Apa saja persiapan & tips mengajak anak ke luar kota? Kita simak ulasan persiapan mengajak anak keluar kota dalam delapan tips berikut.
 
Persiapan & Tips Mengajak Anak ke Luar Kota
Persiapan & Tips Mengajak Anak ke Luar Kota

Pertama, sebelum keberangkatan, paling tidak satu hari sebelumnya pastikan bahwa si kecil beristirahat dengan cukup. Kurangi aktivitas si kecil satu hari sebelum bepergian keluar kota. Kita juga perlu memastikan bahwa si kecil dalam kondisi fit.

Kedua, selain makanan dan minuman dalam perjalanan, pastikan kita telah memasukkan baju ganti, pakaian hangat, dan obat-obatan seperti minyak kayu putih dan plester buat si kecil. Jenis makanan yang dipilih sebaiknya bukan makanan yang berkalori tinggi atau bersifat asam. Masukkan potongan buah segar dan cemilan gurih ke dalam kotak bekal. Untuk minunan sebaiknya hindari minuman yang banyak mengandung soda atau bahan pengawet dan pewarna makanan.

Ketiga, sebaiknya kita pilih transportasi yang dipilih anak. Misalnya jika si anak ingin merasakan pengalaman naik kereta api maka pilihlah kereta api sebagai transportasi yang digunakan dengan tujuan agar si anak semakin senang. Tapi jangan lupa sesuaikan jenis transportasi yang sesuai dengan lokasi tujuan wisata kita dan keluarga.

Keempat, bawalah mainan favorit si kecil. Misalnya adalah boneka kesayangan atau mobil-mobilan. Pilihan lainnya bawalah mainan yang lebih praktis seperti tablet dengan game favorit anak. Kita juga bisa membawakan buku cerita bergambar bila perjalanan relatif tenang tanpa guncangan,

Kelima, dalam hal memilih penginapan atau hotel, pastikan lokasi yang dipilih berdekatan dengan lokasi wisata. Dengan demikian, kita tidak perlu mengalokasikan waktu khusus untuk mencapai tempat wisata yang terlalu jauh. Kita juga perlu memastikan bahwa lokasi wisata yang kita tuju itu nyaman untuk si kecil.

Keenam, jika kita membawa kendaraan pribadi dan akan rewel atau jenuh selama dalam perjalanan, beristirahatlah sejenak untuk meluruskan kaki dan melancarkan peredaran darah. Ajaklah anak untuk melihat daerah di sekeliling mereka dalam menuju lokasi tujuan.

Ketujuh, ayah dan ibu perlu menjadi tim yang tangguh dalam mengurus anak. Meskipun ayah bertugas menyetir, bukan berarti ayah tidak memperhatikan kondisi dan kenyamanan anak saat berada dalam perjalanan. Demikian juga ketika anak rewel. Untuk itu ayah dan ibu harus bahu-membahu dalam mengurus anak, terutama saat piknik keluar kota.


Kedelapan, saat berbelanja oleh-oleh libatkanlah si kecil. Biarkan anak memilih souvenir yang mereka suka asalkan aman dan tidak berbahaya. Selama di lokasi wisata pun, sebaiknya kita tetap mengawasi anak meskipun mereka asyik berlarian kesana-kemari. 

Persiapan & Tips Mengajak Anak ke Luar Kota Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment