Monday, September 16, 2013

Apa Saja yang Membuat Kosnentrasi Buyar?

Pernahkan Anda mengalami hilang konsentrasi atau merasa konsentrasi buyar misalnya pekerjaan yang harusnya bisa selesai dalam waktu 1 jam menjadi dalam waktu 2-3 jam untuk menyelesaikannya? Sedikit gangguan konsentrasi akan menyebabkan kekacauan mulai dari yang ringan maupun fatal. Jika demikian, kita bisa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang bisa memecah konsentrasi dan berikut ini adalah hal-hal yang dimaksud tersebut:
Apa Saja yang Membuat Kosnentrasi Buyar?
Apa Saja yang Membuat Kosnentrasi Buyar?

1. Jejaring Sosial (Social Network)
Jika komputer kantor dilengkapi dengan koneksi internet, maka akan memudahkan pekerjaan yang kita kerjakan sekaligus juga memudahkan kita untuk membuka situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Plurk dan lainnya. Mengakses situs jejaring social tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah di sejumlah kantor, namun jika sudah mengakses media tersebut secara berlebihan inilah yang menjadi biang pemecah konsentrasi.

Smartphone yang hampir dimiliki oleh setiap orang menjadi tidak bisa terpisahkan bagi orang-orang tersebut. Istilah ponsel yang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat sepertinya memang berlaku. Tanpa sadar, fitur-fitur yang dikemas dalam ponsel (sms, jejaring sosial, telefon, email) dan dapat mengganggu konsentrasi jika digunakan berlebihan.

3. Rekan Kerja
Rekan kerja dengan suara tawa yang membahana ataupun rekan kerja yang ingin curhat, mengobrol, bercanda, bisa saja membuat konsentrasi terpecah. Jika Anda menanggapi, mungkin yang terpikir hanyalah sejenak, tetapi nyatanya bisa menghabiskan waktu sejam lebih. Jika Anda ingin bercanda dengan rekan kerja, luangkanlah waktu diluar jam kerja Anda ini akan membantu Anda berkonsentrasi.

4. Jadwal Padat
Bidang tugas yang terlalu banyak akan mengacaukan jadwal Anda jika Anda tidak pandai menyiasatinya. Hal ini bisa saja membuat kelimpungan karena banyak bidang-bidang lain yang harus ditangani.

5. Masalah Pribadi
Permasalahan dengan teman, pasangan, atau anak bisa mengganggu konsentrasi. Apalagi jika masalah yang Anda hadapi belum selesai. Bayang-bayang tentang masalah akan menghinggapi Anda dan konsentrasi menjadi terpecah. Usahakan untuk meyelesaikan ataupun mengantisipasi masalah pribadi Anda.

6. Rasa Lapar
Mungkin sepele kedengarannya, rasa lapar. Namun jika rasa lapar tidak terobati, konsentrasi pun akan berkurang karena supplay energi ke otak juga ikut berkurang. Sebaiknya Anda makan secara teratur dengan memperhatikan gisi dan kandungan nutrisi yang cukup. Tidak usah menyiksa diri dengan diet ini itu yang tidak menentu.

7. Mengantuk
Kurang tidur akan menyebabkan mengantuk. Untuk menghindari rasa ngantuk ketika Anda bekerja Anda bisa melakukan cukup istirahat yang berkualitas. Usahakan untuk menggelapkan kamar ketika tidur malam karena akan membantu tubuh Anda melakukan detoks dan merenenerasi sel-sel tubuh Anda.

Apa Saja yang Membuat Kosnentrasi Buyar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment