Monday, September 16, 2013

Konsumsi Kalsium Agar Tulang & Gigi Sehat

Sebagai rangka dasar yang membentuk tubuhm tulang menjadi tempat menempelnya otot-otot yang bekerja menggerakkan bagian-bagian tubuh seperti lengan, tungkai kaki, dan tulang belakang. Oleh karena itu, pertumbuhan tulang sedari dini penting untuk diperhatikan.

Berbeda dengan orang dewasa yang kerap mengalami osteoporosis atau keropos tulang dan gigi, banyak anak-anak menderita ricketsa, yakni gangguan pertumbuhan tulang (tulang menjadi lunak dan mengalami kelainan bentuk atau deformitas karena tubuh tidak mendapat cukup kalsium akibat kekurangan vitamin D). Ricketsia termasuk lima besar penyakit utama yang menyerang anak-anak di banyak negara berkembang. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini dapat berakibat serius dan menghambat tumbuh kembang anak.
Konsumsi Kalsium Agar Tulang & Gigi Sehat
Konsumsi Kalsium Agar Tulang & Gigi Sehat

Untuk mencegah gangguan-gangguan tersebut, segala kebutuhan asupan gizi di dalam tulang anak harus dicukupi. Di dalam tulang yang sehat terkandung kombinasi kalsium, fosfat, magnesium, juga vitamin D dalam jumlah yang tepat. Kalsium banyak terdapat pada sayur-sayuran hijau, daging, telur, keju, susu, dan yoghurt.

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa kalsium yang terkandung di dalam susu memiliki satu lagi kegunaan, selain mempertahankan kekuatan tulang. Kalsium juga membuat gigi kuat dan kekurangan kalsium akan menyebabkan penyakit-penyakit periodontal penyebab tanggalnya gigi.

Para peneliti dari Amerika Serikat menganalisis data pemerintah dari 13.000 orang dan menemukan bahwa laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi kalsium kurang dari 500 mili gram setiap harinya menghadapi resiko dua kali lebih besar mengalami penyakit periodontal, terutama mereka pada usia 20 dan 30-an.


Penyakit periodontal itu sendiri berarti terjadinya infeksi yang menyebabkan berkumpulnya bakteri di kantung antara gigi dan gusi, yang jika berlanjut dapat merusak jaringan dan tulang yang menyokong gigi. Akan tetapi tulang rahang yang kuat karena kalsium tentunya lebih mudah untuk bertahan terhadap serangan bakteri. Nah, apakah susunan kalsium Anda sudah sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh agar tulang dan gigi sehat?

Konsumsi Kalsium Agar Tulang & Gigi Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment